Selasa, 08 Januari 2013

Baik buruknya CCTV....


        "Hey Rin...awas jangan lewat sana!", teriak Yasmin padaku. "Emang kenapa Yas?", tanyaku. "Coba lihat ke atas gedung, ada kamera alias cctv, ntar ketahuan loh dikau mau bolos hehehe", ledeknya. Beginilah celoteh staf-staf yang dikantornya ada cctv. 

      Kantor yang di pasang cctv ada baik dan buruknya juga loh. Baiknya, dengan adanya cctv bisa mengontrol siapa saja yang keluar masuk kantor tersebut dan membantu satpam mengamankan kantor. Namun, cctv juga ada buruknya. Jika cctv dipasang disetiap ruangan, akan membuat capek petugas atau bos yang mengontrolnya. Kenapa demikian, dengan adanya cctv tentu akan ketahuan semua apa yang diobrolkan oleh para staf dan tingkah laku mereka. Bagus, jika obrolan dan tingkah mereka yang positif. Tapi jika negatif, maka hal ini akan membuat pusing para bos-bos karena mereka yang bisa membuka atau melihat cctv tersebut. Biasanya yang sering diobrolkan isu-isu yang sedang berkembang saat itu atau mengumpat bos-bos mereka. Nah, jika umpatan ini terus didengar oleh para bos di cctv, maka sangat mungkin akan berdampak bagi psikologi bos-bos tersebut. Mereka akan dongkol, marah dan bahkan dendam. Jika ini dipupuk terus, tentunya suasana kantor tidak kondusif. Terpikirkah oleh anda akan hal ini....hayooo...dibayangkan dan dicermati...!!!


Note: Beri motivasi kepada setiap staf dengan cara berikan senyuman yang tulus jika bertemu dan hargai karya mereka walau hanya dengan acungan jempol dan ucapan terima kasih, tidak peduli karya tersebut salah atau betul tapi pedulilah bagaimana cara mereka berproses mengerjakan karya tersebut....Buktikan hasilnya....!!!! (Erfi.S)

Maaf jika ada salah-salah kate yeee.....

2 komentar: